CARA MEMBUAT AYAM BAKAR KECAP

Ayam Bakar Kecap - Ya, Memang sudah tidak asing lagi dengan sajian yang satu ini. ayam yang di bakar dengan baluran kecap membuat sajian yang satu ini lebih istimewa dan menggugah selera penikmat kuliner yang berbahan dasar dari ayam ini. Meskipun sudah menjadi hidangan yang sudah tidak asing lagi, tapi masih ada beberapa yang tidak mengetahui cara pemanggangan yang baik dan benar. Dan membuat panggangan ayam menjadi gosong dan tingkat kematangannya tidak merata sampai bagian dalam ayam tersebut.

Nah kali ini saya akan kasih tips bagai mana cara membuat ayam bakar yang baik dan enak, Caranya adalah dengan cara membakar ayam pakai bara api dari arang, supaya tingkat kematangan merata dan kulit ayam tidak gosong, dan oleskan sedikit mentega pada saat ayam di bakar, supaya tidak lengket dan supaya rasa ayam lebih gurih.


Nah setelah tau cara pemanggangan yang baik dan benar, Apakah anda tertarik untuk memperaktekannya di rumah?? Dan Berikut bahan dan cara lengkapnya yang kami suguhkan di bawah ini.

Cara Membuat Ayam Bakar Kecap 
Bahan utama:
> 1 ekor ayam
> 2 sendok teh garam
> 1 buah jeruk nipis yang sudah di peras air nya
> 250 ml air kaldu ayam
> 2 sendok makan mentega

Bahan bumbu:
> 7 butir bawang merah
> 4 siung bawang putih
> 1/2 sendok teh ketumbar
> 1/2  sendok teh pala bubuk
> 1/2 sendok teh merica
> 1 sendok teh garam
> 2 sendok makan minyak goreng
> 5 sendok makan kecap manis

Bumbu sambal
> 5 sendok makan kecap manis
> 3 buah cabai rawit iris tipis
> 1 buah jeruk limau


Dan berikut cara pembuatan nya:
1. Cuci dan bersihkan ayam, kemudian potong menjadi 4 bagian.

2. Lumuri ayam dengan perasan jeruk nipis dan garam sampai rata, diamkan sekitar 15 menit agar bumbu meresap.

3. Kemudian Haluskan bawang putih, bawang merah dan ketumbar.

4. Siapkan wajan dan tuangkan minyak, lalu panaskan. Masukan bumbu yang sudah di haluskan tadi tumis sampai harum, masukan pala bubuk merica dan garam aduk sampai rata.

5. Masukan potongan ayam, kemudian tuangkan kaldu ayam dan kecap manis, aduk sampai rata. Masak sampai ayam menjadi empuk dan sampai air kaldu nya habis. Angkat lalu sisihkan.

6. Bakar ayam di atas bara api dari arang sambil di oles mentega, bolak balik hingga matang merata.

7. Sembari menunggu ayam yang sedang dalam proses pemanggangan, kita isi waktu tersebut untuk menyiapkan sambal kecap. Siapkan piring atau wadah, kemudian tuangakan kecap manis dan masukan irisan cabai rawit yang telah di sediakan. Lalu tambahkan air perasan jeruk limau.

8. Setelah di rasa ayam sudah matang, Angkat Lalu sajikan dengan sambal kecap, lebih mantap dengan nasi yang hangat.

Bagaimana?? Ayam yang anda panggang pun matang sempurna bukan?? Demikian Resep dan tips yang kami suguhkan kali ini, Semoga membantu dan Bermanfaat untuk para ibu sekalian. Dan temukan resep lainnya di Aneka Resep yang selalu berbagi tentang resep masakan dan minuman.

Terimakasih, Selamat Mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas

CARA MEMBUAT WEDANG JAHE SUSU KHAS ANGKRINGAN

Cara Membuat Teh Telur atau Teh Talua Khas Padang