CARA MEMBUAT OPOR AYAM

Cara Membuat Opor Ayam - Opor Ayam, biasanya hidangan ini bisa di jumpai pada hari raya idul fitri atau acara spesial lainnya, tidak dapat di pungkiri lagi dengan kuah yang kental dan rasa lezatnya makanan ini dapat menggugah selera dan menjadi hidangan wajib di acara tertentu. Paling pas di sajikan dan di santap dengan lontong atau ketupat.


Untuk pembuatannya sendiri tidaklah sulit, karena bahan yang di gunakan cukup mudah didapat di warung-warung tradisional yang ada di dekat rumah. Anda hanya perlu memperhatikan tingkat kematangannya dari ayam tersebut dan usahakan jangan memakai santan instant, Pilihlah santan dari kelapa terbaik untuk menemukan rasa lezat yang maksimal, Untuk yang berminat membuat masakan ini mari kita simak resepnya di bawah ini.

Bahan Membuat Opor Ayam:
> 1 kg atau 1 ekor ayam, potong menjadi beberapa bagian
> 2 lembar daun salam cuci bersih
> 1 batang serai, ambil bagian bawahnya lalu memarkan
> 1 cm lengkuas, cuci bersih lalu memarkan
> 4 cm kayu manis
> 750 cc santan dari satu butir kelapa
> minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu yang akan di haluskan:
> 10 butir bawang merah
> 4 siung bawang putih
> 10 butir jintan
> 1 sendok makan ketumbar
> 2 cm jahe, cuci bersih
> 2 cm kunyit, cuci bersih
> 1/2 sendok teh merica bulat
> garam secukupnya


Cara Membuat Opor Ayam:

1. Cuci bersih ayam yang sudah di potong menjadi beberapa bagian tadi, goreng dengan minyak panas sampai berwarna kekuning kuningan, angkat lalu tiriskan.

2. Haluskan semua bumbu sampai halus, lalu tumis. Dan masukan daun salam, serai, lengkuas, dan kayu manis. Aduk rata dan tumis sampai harum.

3. Setelah keluar aroma nya, masukan santan beserta ayam yang sudah di goreng tadi, masak sampai mendidih dan daging ayam menjadi empuk.

4. Setelah matang, angkat lalu sajikan.


Mudah dan simpel bukan?? Dan sajian khas idul fitri pun siap di santap bersama keluarga, Dan Sebagai Menu untuk menjalin silaturahmi bersama saudara dan tetangga.

Demikian Resep Cara Membuat Opor Ayam sajian untuk hari raya yang kami sajikan, semoga bermanfaat dan membantu. Terimakasih, selmat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas

CARA MEMBUAT WEDANG JAHE SUSU KHAS ANGKRINGAN

Cara Membuat Teh Telur atau Teh Talua Khas Padang