CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN TENGGIRI

Cara Membuat Sambal Ikan Tenggiri - Ikan tenggiri adalah jenis ikan yang memiliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh, karena dalam satu ekor ikan tenggiri mengandung banyak protein dan lemak omega 3, dan sangat baik untuk kesehatan otak apabila mengkonsumi secara rutin, dan dapat juga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, kanker, depresi, gangguan saluran kencing, dan asupan gizi bagi wanita hamil.

Ikan tenggiri memiliki rasa yang gurih dan sedikit agak manis, yang dapat di olah menjadi berbagai macam olahan masakan. Nah kali ini kita akan mencoba bagai mana membuat sambal dengan ikan ini. Dengan perpaduan Rasa yang gurih dan pedas maka akan tercipta rasa yang sempurna.



Dan bagi anda yang suka sekali akan rasa pedas, cocok sekali untuk menyimak dan mencoba sendiri di rumah.

Berikut bahan dan cara pengolahannya:

Bahan Membuat Sambal Ikan Tenggiri:
> 500 gram ikan tenggiri
> 1 siung bawang putih
> 1 sendok makan air jeruk nipis
> 1 sendok teh garam
> minyak goreng secukupnya

Bahan bumbu yang di haluskan:
> 5 buah cabai merah besar yang sudah di rebus dan di buang bijinya
> 3 butir bawang merah
> 2 siung bawang putih
> 1/2 sendok teh terasi goreng
> 1/2 sendok teh asam jawa
> 2 sendok teh garam
> 1 buah tomat merah
> 1 sendok teh gula pasir
> lalu haluskan semua bumbu

Cara Membuat Sambal Ikan Tenggiri:
1. Simpan ikan yang sudah di bersihkan di dalam wadah bersama bawang putih, air jeruk dan garam, aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat.

2. Siapkan penggorengan, tuang minyak secukupnya lalu panaskan, masukan ikan kedalam minyak, goreng sampai matang dan kering. Angkat lalu tiriskan.

3. Tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi hingga matang dan berbau harum, masukan ikan yang di goreng tadi kedalam tumisan bumbu, aduk hingga rata. Tunggu beberapa saat.

4. Angkat lalu tuang kedalam wadah yang sudah di siapkan untuk penyajian, dan sambal ikan tenggiri pun siap di hidangkan.


Dan anda pun juga bisa mebaburi daun kemangi di atasnya supaya aromanya semakin menggugah selera makan anda, Dan demikian Resep Cara Membuat Sambal Ikan Tenggiri yang kami sajikan, semoga bermanfaat, terimakasih, selamat mencoba...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas

CARA MEMBUAT WEDANG JAHE SUSU KHAS ANGKRINGAN

Cara Membuat Teh Telur atau Teh Talua Khas Padang