CARA MEMBUAT ES DAWET/CENDOL SEGAR DINGIN

Kalau pada postingan sebelum sebelumnya kita Membahas Bagai mana cara membuat resep masakan, Nah kali ini Kita akan membahas tentang Bagai Mana cara Membuat Resep Minuman segar.
Es Dawet/Cendol. Ya, Sesuai dengan judul di atas anda pasti sudah tau dengan jenis minuman ini, Karena Banyak terdapat Di mana mana, dan sudah menjadi menu masakan nusantara.




Minuman Es Dawet/Cendol adalah minuman pelepas dahaga yang mudah di cari, Dengan Sensasi Manis dan dingin nya dapat menyegarkan dan cocok buat anda yang sering aktifitas di bawah sinar matahari, dan bisa menjadi sajian minuman berbuka puasa.
Walaupun Banyak yang menjajakan Es Dawet/Cendol ini, tidak ada salahnya bila Kita membuatnya sendiri, Tentunya Akan lebih Bersih dan sehat, karena Anda dapat memilih bahan yang terbaik.

Nah kali ini kita akan membagikan resepnya kepada anda, Berikut bahan yang harus di siapkan:

Bahan Dawet/Cendol:
> 100 gram tepung beras
> 2 sendok makan tepung tapioka
> perasa pandan secukupnya
> 400 ml air

Bahan Sirup:
> 300 gram gula merah
> 500 ml air
> 2 lembar daun pandan

Bahan kuah Santan
> 65 ml Santan kental
> 100 ml air
> sejumput garam
> 1 Buah es batu+Air dalam sebuah baskom

Proses pembuatan:
1. Membuat adonan Dawet/Cendol: Siapkan panci, masukan tepung beras, tepung tapioka, Siram dengan Air dan beri perasa pandan secukupnya, aduk sampai rata. Masak dengan Api yang sedang sambil di aduk sampai meletup letup, matikan api dan diamkan sampai hangat.

2. Mencetak Dawet/Cendol: Siapkan Es batu dan air matang, Masukan dalam satu Baskom. Kemudian masukan adonan ke dalam plastik yang di lubangi bagian ujungnya, lalu cetak dengan Cara di pencet pencet (panjang kira kira saja) di dalam Air Es sampai adonan habis. Selain menggunakan plastik anda juga bisa menggunakan Cetakan Dawet/Cendol.

3. Membuat Bahan Sirup: Siapkan Panci, Kemudian tuangkan air dan gula, Masak sampai Gula larut. Lalu masukan Daun pandan, Masak hingga mendidih. Jika suka kental anda bisa menambahkan maizena.

4. Membuat kuah santan: Siapkan panci yang sudah terisi Air, kemudian masukan santan kental dan garam, masak sampai mendidih, angkat lalu diamkan.

5. Tata dalam sebuah gelas, Masukan Dawet/Cendol, tambahkan kuah santan, kemudian berikan sirup sesuai selera, dan jangan lupa memberikan es batu di dalamnya.

Gampang bukan??
Demikian Resep cara membuat Es Dawet/Cendol dari Kami, Sajikan pada saat Siang hari dan pada waktu Berbuka puasa, Agar dapat lebih Berasa Segarnya.
Terimakasih, Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas

CARA MEMBUAT WEDANG JAHE SUSU KHAS ANGKRINGAN

Cara Membuat Teh Telur atau Teh Talua Khas Padang